![]() |
Bisnis Model Canvas Tokopedia |
Jika Anda seorang pengusaha, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang template model bisnis. Ini adalah manajemen strategis yang memfasilitasi pengembangan bisnis atau bahkan ketika Anda ingin memulai startup dan perusahaan besar.
Seperti yang Anda ketahui, perencanaan yang baik dan matang sudah pasti sangat diperlukan jika ingin berbisnis. Oleh karena itu, Business Model Canvas, atau disingkat BMC, merupakan salah satu langkah terpenting untuk mencapai tujuan tersebut.
Apa itu kanvas model bisnis dan bagaimana pembuatannya? Mari simak pembahasan selengkapnya di bawah ini, mulai dari pengertian, unsur hingga contoh
Business Model Canvas (BMC) adalah model strategi bisnis yang menggunakan sembilan elemen penting.BMC digunakan oleh perusahaan dan startup untuk mendapatkan wawasan tentang analisis model bisnis.proses bisnis yang dilakukan dengan metode BMC untuk menghasilkan e-commerce sehingga model bisnis yang ada kemudian dapat dikonversi menjadi model bisnis berbasis e-commerce di web
9 Elemen Business Model Canvas
Nah, dalam bukunya, Alexander Osterwalder juga menjelaskan tentang framework atau kerangka kerja sederhana yang menggambarkan beberapa elemen penting dari sebuah model bisnis. Apakah mereka? Ini salah satunya.
1. Segmentasi Pelanggan
Segmentasi pelanggan adalah strategi untuk memetakan target pasar ketika mereka berpotensi menjadi pelanggan. Anda perlu mengidentifikasi siapa pelanggan potensial ini dari berbagai sudut.
Misalnya berdasarkan status ekonomi, pendidikan, pekerjaan, tempat tinggal, umur, jenis kelamin, dsb. Hal ini akan membantu Anda mengetahui target pelanggan secara tegas dan jelas untuk dapat menjalankan bisnis Anda.
2. Value prepositions (proposisi nilai)
Lalu ada juga value proposition, dimana Anda harus memiliki selling point Anda untuk produk atau perusahaan yang Anda kembangkan. Dalam hal ini, Anda perlu memahami dengan baik hal apa saja yang sebenarnya Anda tawarkan kepada target konsumen.
Preposisi nilai ini mencakup desain produk, merek, keunikan, fungsi dan manfaat, harga, risiko, kenyamanan, atau bahkan hubungan bagaimana produk Anda dapat memberikan solusi bagi masalah pelanggan.
3. Saluran
Salah satu dari sembilan elemen template model bisnis menyangkut saluran, yang merupakan kendaraan atau sarana komunikasi yang menghubungkan pelanggan dengan bisnis Anda, apakah itu bagian dari pemasaran, layanan, atau proses jual beli.
Dengan kata lain, saluran memainkan peran penting dalam menyediakan sarana komunikasi kepada konsumen. Hal tersebut sangat menentukan keberhasilan usaha, sehingga penggunaannya harus diperhatikan sebaik mungkin.
Berbagai saluran yang dapat Anda gunakan adalah media sosial, aplikasi pemasaran, atau iklan. Selain itu, Anda juga dapat membuat situs web yang merupakan sarana untuk menjangkau pelanggan secara efektif.
Ya, website merupakan salah satu saluran yang tepat untuk memudahkan pengenalan produk komersial kepada konsumen dan tentunya secara luas. Bahkan, Anda dapat menampilkan daftar penjualan yang berbeda dengan cara yang lebih menarik dan efektif.
Bicara soal website, Jagoaan hosting bisa dipercaya untuk membuat website bisnis Anda mudah dan praktis. Sebagai penyedia layanan cloud terbaik, Anda bisa mendapatkan Unlimited Hosting dengan harga yang sangat terjangkau.
4. Hubungan konsumen (customer relationship)
Elemen berikutnya dari model bisnis adalah hubungan pelanggan. Anda harus memahami karakteristik setiap pelanggan untuk menciptakan hubungan yang baik hingga akhirnya mendapatkan kepercayaan dan pengakuan atau kesan yang baik.
Hubungan konsumen tidak hanya tentang kapan Anda memasarkan produk atau menjalankan iklan, tetapi juga tentang bagaimana menanggapi keluhan dan memenangkan hati konsumen tersebut sehingga Anda dapat menjaga loyalitas terhadap produk Anda.
5. Sumber pendapatan (streams of income)
Sumber pendapatan atau stream of income adalah hal-hal yang harus diperhatikan dan dikelola sebaik mungkin. Ya, Anda perlu memikirkan strategi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan Anda, apakah itu menawarkan layanan baru, membuat program keanggotaan, atau yang lainnya.
6. Fungsi Utama
Salah satu dari sembilan elemen kanvas model bisnis yang tersisa adalah fungsi utama. Ini sebenarnya mengacu pada proposisi nilai, di mana Anda harus memikirkan bisnis agar penjualan produk terwujud sesuai dengan rencana.
Misalnya, fungsi yang paling utama adalah mengelola website sebagai pusat transaksi jual beli. Anda juga harus memastikan bahwa situs web ramah pengguna dan mudah diakses di berbagai jenis perangkat.
Sekarang Anda dapat mengetahui apakah website Anda dapat digunakan atau tidak, lihat Pasal 12 Kriteria Website User Friendly.
7. Sumber Daya Utama
Selain itu, ada sumber daya utama atau sumber daya yang mendukung bisnis dan operasi Anda untuk membuatnya berjalan. Anda harus memastikan bahwa ketersediaan sumber daya utama ini sesuai dengan kebutuhan target pasar Anda.
Misalnya, jika Anda memiliki situs web, Anda juga memerlukan sumber daya seperti komputer, internet, layanan hosting dan juga pengembang untuk mengelola situs web agar berjalan dengan lancar.
8. Kemitraan kunci
Pada saat yang sama, kemitraan utama adalah sumber daya eksternal yang juga Anda perlukan untuk mendukung perkembangan perusahaan, seperti mitra, distributor, pedagang, agen utama, pihak pelayaran, investor, dll.
Jika Anda mengelola situs web dan memerlukan layanan hosting, penyedia hosting Anda menyertakan mitra utama Anda.
9. Manajemen keuangan (struktur biaya)
Elemen terakhir dari struktur model bisnis adalah struktur biaya yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan perusahaan. Dalam hal ini, Anda harus mengelola semua pengeluaran yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.
Secara umum, Anda perlu memperkirakan anggaran untuk saluran, fungsi inti, dan sumber daya inti untuk menghitung struktur biaya ini. Nah, saat Anda berbelanja layanan web hosting dan domain name, pilihlah layanan tersebut dengan harga yang terjangkau
Tokopedia menggunakan model bisnis apa?
Model bisnis Tokopedia adalah consumer-to-consumer (C2C). Pelanggan Tokopedia adalah penjual sekaligus pembeli, penjual yang menukarkan produknya di tokopedia adalah pelanggan tokopedia, sedangkan pembeli yang membeli di tokopedia juga adalah pelanggan Tokopedia.
Business Model Canvas isinya apa saja?
Business Model Canvas (BMC) berisi sembilan elemen yang terdiri dari segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran, hubungan pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya utama, fungsi utama, mitra utama, dan struktur biaya.
Apa itu model bisnis Canvas?
Kanvas Model Bisnis AuBMC adalah strategi manajemen yang dirancang untuk menyajikan ide dan konsep bisnis dalam format visual. Sederhananya, definisi model bisnis Canvas adalah kerangka kerja manajemen yang memudahkan untuk memvisualisasikan ide bisnis dan menerapkannya dengan cepat.